Password

PASSWORD



Ingat-ingat ya….sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem computer...ya, Passwords. makanya buat password kuat, itu suatu keharusan lho. Mengapa demikian? Tau nggak tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password,  plus juga komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. dulunya butuh waktu seminggu untuk di-crack, maka saat ini bisa di-crack hanya dalam beberapa jam saja.

Software untuk meng-crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: menebak secara pintar (intelligent guessing), serangan kamus (dictionary attack) dan juga otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. Jika diberi waktu yang cukup, maka metode otomatisasi bisa meng-crack password apa aja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.

Joseph Bonneau, peneliti komputer dari University of Cambridge katanya sih Password yang dibuat oleh pemilik akun email dengan usia 55 tahun ternyata lebih kuat alias sukar ditebak dibandingkan pemilik akun email berusia 25 tahun. Ini terungkap dari hasil penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan pengguna dari Jerman dan Korea menggunakan password yang paling kuat, sedangkan Indonesia adalah yang paling lemah.

Nih kuncinya…gunakan passwords lebih dari 1 karakter karena dalam password dikenal :
a. password huruf/angka saja peak/Lemah, contohnya 12345678 atau abcdefghij
b. password huruf dan angka strong/kuat, contohnya 1234abcd
c. password huruf/angka/tanda very strong/kuat sekali, contohnya 123abc!@&
d. password huruf besar dan kecil, angka, tanda-tanda screet password/sangat kuat sekali kombinasi tiga karakter (huruf, angka dan symbol), contohnya 12abcABC#@!  dan kalau tidak percaya silahkan coba  buat passwords seperti yang saya sarankan dan di test di https://howsecureismypassword.net/.....selamat mencoba!!!! 



0 comments:

Posting Komentar